Tanjong Malim, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan kunjungan ilmiah ke Department Pendidikan Awal Kanak-kanak (PAKK), Fakulti Pembangunan Manusia (FPM) Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Kunjungan ini disambut dengan hangat oleh Ketua Department PAKK, Dr. Seah Siok Peh, bersama dengan Prof. Dr. Nordin Bin Mamat dan beberapa dosen lainnya.
Kegiatan diawali dengan sesi penyambutan yang berlangsung penuh keakraban, yang memperkenalkan kedua belah pihak dan membahas potensi kolaborasi akademik antara PG-PAUD USK dan PAKK UPSI. Selama kunjungan tersebut, delegasi dari Prodi PG-PAUD FKIP USK berkesempatan untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang bermanfaat.


Salah satu agenda utama dari kunjungan ini adalah pelaksanaan kegiatan upskilling dan reskilling bagi dosen PG-PAUD, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya dalam penerapan teknologi dalam pembelajaran. Pada kesempatan ini, Dr. Romarzila binti Omar, dosen dari Department PAKK UPSI, memberikan materi yang sangat menarik tentang STEAM PAUD dengan fokus utama pada robotika. Materi ini bertujuan untuk mengenalkan konsep-konsep dasar robotika yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAUD, serta mengajak dosen-dosen PAUD untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi pendidikan.


Kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi kedua institusi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pendidikan anak usia dini serta membahas potensi kerja sama di masa depan. Peserta dari Prodi PG-PAUD FKIP USK sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang disampaikan, khususnya dalam mengeksplorasi teknologi baru yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan anak usia dini.
Kegiatan tersebut diakhiri dengan diskusi terbuka dan perencanaan tindak lanjut untuk memperkuat hubungan akademik dan profesional antara USK dan UPSI.
Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memperkaya wawasan dan keterampilan dosen PAUD dalam menghadapi tantangan pendidikan anak usia dini yang semakin berkembang, serta membuka peluang untuk kerja sama internasional yang lebih erat di masa mendatang.